Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Minggu, 25 April 2010

FILARIASIS


Penyakit kaki gajah adalah nama lain dari filariasis,walaupun sebenarnya akibat dari filariasis pembengkakan tdk hanya terjadi di kaki.Penyebab kaki gajah adalah 3 spesies cacing filaria yaitu : Wucheria bancrofti, Brugia malayi dan Bruria timori. Sedangkan penularan dari orang ke orang lain melalui gigitan nyamuk yg di dalam tubuh nyamuk mengandung larfa filaria. Nyamuk merupakan satu-satunya fektor penyebab filariasis. Ada lebih dari 23 jenis nyamuk yg bisa menyebarkan penyakit ini al:anophles, culex, aedes, mansonia dll.
Gejala klinis akut :demam berulang 3-5 hari, lymphadenitis (pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan pahak,ketiak dan terasa panas dan memerah) .Gejala kronisnya meliputi pembesaran /pembengkakan yg permanen di tungkai, lengan, buah zakar,dan payudara.
Diagnosis Filariasis di tegakkan dgn cara memeriksa darah jari yg dilakukan pada malam hari. Dinyatakan positif, jika pada sediaan darah tebal ditemukan mikrofilaria.

Pengobatan: dgn Diethyl Carbamazine Citrat (DEC) dikombinasi dgn Albenzol, pada daerah endemis diberikan setahun sekali selama 5 tahun.
Dosis untuk DEC adalah 6mg/kg BB, sedangkan Albenzole 400mg/tablet. Yang perlu diingat adalah obat di makan setelah makan, untuk mencegah iritasi pada lambung.

Bagaimana mencegah filariasis :

  1. Menghindari gigitan nyamuk dgn cara : memakai kelambu, memasang obat nyamuk, memakai obat gosok anti nyamuk, memasang kassa nyamukdiventilasi.
  2. Memberantas sarang nyamuk
  3. Mengikuti program pengobatan massal filariasis.
  4. Memeriksakan diri secepatnya kepuskesmas, bila ada yg terkena tanda-tanda filariasis
Baca berita lainnya :
* Diagnosa TBC
* Rabies: penanganan kasus
* PD3I
* HIV dan AIDS
* Pedoman pengobatan malaria
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "FILARIASIS"

Posting Komentar