Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Rabu, 28 April 2010

PD3I

PD3I merupakan singkatan dari : Penyakit yang dapat dicegah dgn imunisasi. Program imunisasi dasar merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai PD3I dan melindungi semua bayi terhadap penyakit yg dapat dicegah dgn imunisasi.

Yg termasuk dari PD3I adalah :
  1. Hepatitis B , penyakit ini disebut juga penyakit kuning. Dimana penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B yg merusak hati. Penyebarannya terutama melalui suntikan yg tidak aman,dari ibu ke bayi selama proses persalinan dan melalui hubungan seksual.
  2. Tuberculosis, adalah penyakit yg disebabkan oleh Myobacterium tuberculosis.Penyakit ini menyebar melalui pernafasan lewat bersin dan batuk.
  3. Difteri, adalah penyakit yg disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptheria. penyebarannya melalui kontak fisik dan pernafasan.
  4. Pertusis, disebut juga batuk rejan atau batuk seratus hari. Ini merupakan penyakit pada saluran pernafasan yg disebabkan oleh bakteri Bordetella pertusis. penularan penyakit ini melalui batuk atau bersin.
  5. Tetanus.Ini merupakan penyakit yg disebabkan oleh Clostridium tetani yg menghasilkan neurotoksin. Penyakit ini tdk menyebar dari orang ke orang, tetapi melalui kotoran yg masuk kedalam luka yg dalam.
  6. Poliomielitis.Adalah penyakit pada susunan saraf pusat yg disebabkan oleh satu dari tiga virus polio type 1,2,3. Secara klinis penyakit polio adalah anak dibawah umur 15 tahun yg menderita lumpuh layu akut (acute flaccid paralysis = AFP). Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia/tinja yg terkontaminasi. Kematian bisa terjadi jika otot-otot pernafasan terinfeksi .
  7. Campak. Merupakan penyakit yg disebabkan oleh virus measles. Penularannya melalui droplet bersin atau batuk dari penderita.

Berita terkait :
* JADWAL IMUNISASI
* Imunisasi ....No way !
* Apakah setiap anak di Imunisasi harus di beri Parasetamol

Berita lainnya :
* Gerakan berantas malaria di Kab.Paluta
* Diagnosa TB
* Penanganan kasus rabies

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl