Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Selasa, 04 Mei 2010

DARAH KOTOR vs DARAH BERSIH


Begitu banyak istilah penyakit yg terdapat di masyarakat, yang sebenarnya tidak dikenal di dunia kedokteran. Misalnya :penyakit gula kering, gula basah, darah kotor, darah manis,angin duduk, masuk angin , paru-paru basah, rabun ayam dll. Istilah-istilah tersebut masih sering terdengar. Diperlukan kesabaran dan kebijakan kita sbg petugas kesehatan,dalam menyikapi hal-hal tersebut. Walaupun begitu, sbg petugas kesehatan dibutuhkan trik
khusus dalam menghadapi keluhan tersebut diatas. Dengan anamnesis yg teliti,kita masih dapat memprediksi ke arah mana diagnosanya.

PENYAKIT GULA KERING & GULA BASAH.
Istilah ini tdk ada dalam kamus kedokteran. Penyakit gula atau diabetes melitus (DM) adalah keadaan hiperglikemik kronikyg disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yg dapat menimbulkan komplikasi kronik pada mata, ginjal,saraf, dan pembuluh darah. Penyakit gula kering dan gula basah tdk dikenal dalam jenis-jenis diabetes .
Diabetes Melitus di kelompokan atas :

  1. Diabetes Melitus tipe 1/Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM): Diabetes tipe ini tergantung akan Insulin.
  2. Diabetes Melitus tipe 2/ Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) : Diabetes tipe ini terjadi resistensi Insulin.Resistensi Insulin maksudnya adalah turunnya kemampuan Insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer.

DARAH KOTOR.
Istilah ini masih sering dipakai oleh masyarakat, bahkan ada iklan di salah satu media elektronik yg mempromosikan obat untuk menyembuhkan darah kotor. Adanya,jerawat, bisul, kulit memerah di identikkan bahwa yg bersangkutan darahnya kotor. ( Ikalannya nggak mendidik yach ?) . Dalam Ilmu kedokteran jelas tdk ada istilah tersebut !
Kita bahas yuk....Sebenarnya istilah "darah kotor"merupakan istilah yg ngawur. Memang darah pada pembuluh darah vena banyak mengandung CO2 (karbon dioksida), dan sedikit O2 (oksigen) yg ini merupakan hasil metabolisme tubuh. Tetapi siklus peredaran darah akan mengembalikan darah yg banyak CO2 tadi kembali tinggi kadar O2 nya. Secara siklus, darah dari pembuluh dara vena akan dipompa masuk atrium kanan lalu menuju ventrikel kanan,kemudian dipompa menuju paru-paru. Di paru-paru darah dibersihkan, CO2 dikeluarkan lewat pernafasan dan O2 di isi kembali. Jadi kalau ada keluhan gatal-gatal, jerawatan, bisul dll bukan karena darah kotor . Kemungkinan nya bisa alergi,infeksi dll.

DARAH MANIS.
Keren sekali nama penyakitnya...kalau di kota besar itu istilah dipakai untuk ABG yach?
Istilah ini sering dipakai di masyarakat , misalnya seseorang yg habis digigit nyamuk,langsung gampang timbul bentol-bentol, gatal dan kulit memerah. Nyamuk senang gigitnya karena darah nya manis.....itu persepsi di masyarakat mungkin. Atau ada yg di gigit semut...terus badannya merah-merah dan gatal.
Istilah darah manis,kalau di cari di kamus kedokteran tdk akan kita ketemukan. Trus apa namanya....kemungkinan penyebabnya mungkin alergi . Alergi akan sesuatu hal akan menyebabkan respon tubuh yg berlebihan, misalnya ya tadi....kemerahan, gatal, oedema. dll.

ANGIN DUDUK.
Angin kog bisa duduk yach....Waspadi akan kemungkinan penyakit jantung ! ( klik disini membaca selengkapnya)

MASUK ANGIN
Istilah ini sangat populer, kita bahkan sangat sering menggunakan istilah ini. Perasaan mual, sendawa, rasa tdk enak diperut, badan pegal, sering menyertai gejala masuk angin. Diantara kita ada yg menggunakan "kerok badan" untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Setelah "di kerok"lantas "angin keluar" dan badan terasa agak enak, di tandai dgn sendawa. "kerok badan" biasanya di anggap berhasil jika tampak kemerahan dikulit yg di kerok! Sebenarnya tanda kemerahan itu bukan angin yg keluar. Itu akibat pecahnya pembuluh darah kapiler, akibat tekanan benda tsb (alat untuk mengerok, dan biasanya pakai uang logam) . Proses penghangatan akibat gesekan 2 benda, mungkin menjadi dasar proses rasa nyaman seseorang yg dikerok.
Common cold/flu mungkin istilah yg tepat untuk pengertian masuk angin. Common cold disebabkan oleh virus, yg dgn meningkatkan daya tahan tubuh akan dapat sembuh sendiri.

PARU-PARU BASA
Wah....bisa juga yach...paru-paru keringatan sampai basah kuyup.
Susah juga nih mencara padanan untuk istilah ini.
Dalam ilmu kedokteran ada beberapa kemungkinan penyebabnya, bisa TB paru,tumor paru yg menyebabkan terjadinya efusi pleura. Dimana, akibat dari TB paru,tumor paru tsb akan menyebabkan terdapatnya cairan pada pleura. Pleura adalah satu rongga yg terdiri dari dua selaput, yg berada di sekeliling paru-paru.

RABUN AYAM
Istilah ini mungkin di pergunakan jika seseorang kalau sudah senja penglihatannya akan berkurang. Dipakai istilah rabun ayam,memang kita tahu ayam nggak pernah keluar malam ! Benar nggak yach?
Rabun senja diakibatkan karena kekurangan vitamin A.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl