Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Kamis, 06 Mei 2010

PENYAKIT CACINGAN...3 KG CACING DI PERUT SEORANG ANAK


Jangan pernah mengabaikan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan pada anak kita , sebab tangan dapat menjadi media masuk nya berbagai kuman ke dlm tubuh kita. Pnykt kecacingan merupakan salah satu akibat dari kurangnya tingkat kebersihan seseorang, termasuk kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Jangan sampai kejadian seperti seorang anak berusia 11 tahun, yg didalam perutnya terdapat cacing seberat 3 kg (Klik disini untuk baca selengkapnya) .
Infeksi cacing atau penyakit cacingan termasuk dalam infeksi parasit. Jenis -jenis cacing yg sering menginfeksi manusia adalah :

  1. Cacing kremi ( Enterobius vermicularis). Cacing ini masuk kedalam tubuh manusia melalui mulut ( lewat tangan yg terkontaminasi telur cacing). Gejala klinis : pada malam hari anus terasa gatal, dikarenakan pada malam hari cacing betina yg hamil bergerak menuju anus dan meletakan telurnya dalam lipatan-lipatan kulit anus.
  2. Cacing tambang ( Necator americanus dan Ancylostoma duodenale). Cacing ini sering ditemukan di Indonesia, terutama pada daerah yg lembab dan teduh. larva cacing ini memasuki tubuh manusia dgn cara menembus kulit kemudian memasuki kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Cacing ini dapat menyebabkan anemia yg berat. Seekor cacing dewasa diperkirakan akan menyebabkan kehilangan darah sebanyak 0,03 ml/hari.
  3. Askaris Lumbricoides. Cara infeksi cacing ini masuk melalui mulut.

PENGOBATAN :

Semua jenis cacing bisa diobati dgn Pyranteal Pamoat ,dosis tunggal 10mg/kg BB atau
Mebendazole 2 kali sehari 100 mg selama 2 hari.


Berita lainnya :
* Remunerasi jajaran kesehatan, Kenapa tidak ?
* Rabies : penanganan kasus
* Angin duduk...Jangan dikerok !
* Sosok sekretaris IBI kab. Paluta.
* Sekilas Info....
* Program Malaria di Kab. Paluta
* Darah kotor VS darah bersih
* HIV dan AIDS



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl