Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Minggu, 16 Mei 2010

Tips menghadapi Anak yg Demam.

Sebahagian orang tua, kadang bingung melihat buah hatinya yg lagi demam. Apalagi kalau sampai terjadi kejang akibat/dipicu oleh demam yg tinggi pada si anak.
Suhu tubuh dalam keadaan sehat dikendalikan oleh pusat termoregulasi dalam hipothalamus. Suhu tubuh normal berkisar antara 36 sampai 37,5 derajat celcius, yg bertambah satu derajat pada malam hari dan sesudah melakukan kegiatan. Suhu tubuh mudah sekali naik pada anak-anak akibat suatu sakit yg ringan sekalipun. Suhu di rektal adalah suhu yg paling mendekati suhu yg sebenarnya.

Berikut ini beberapa tips menghadapi anak yg demam:

  1. Jangan terlalu cemas,kecemasan hanya membuat anda menjadi bingung dan tdk tau apa yg harus dilakukan.
  2. Istirahatkan anak diruangan yg mempunya sirkulasi udara yg bagus.
  3. Cobalah untuk memberi perhatian pada si anak,karena anak yg demam biasanya lebih rewel. Perhatian dan kasih sayang seorang ibu akan mampu menenangkan si anak.
  4. Berilah minum air putih yg banyak, demam pada si anak akan menyebabkan hilangnya cairan dari tubuh si anak akibat evaporasi (penguapan akibat demam). 70 % dari tubuh anak terdiri dari air, air sangat di butuhkan oleh tubuh.
  5. Segera diberikan obat penurun panas. Sebaiknya anda menyediakan obat penurun panas di kotak obat anda dirumah. Ikuti/baca dosis yg dianjurkan yg tertulis di kemasan obat.
  6. Kalau anak tdk menggigil,sebaiknya baju si anak di buka (untuk mempercepat pelepasan panas dari tubuh).
  7. Berikan kompres air hangat ( jangan pakai air dingin atau alkohol). Kompres air hangat akan membuat pembuluh darah melebar dan akan membuat aliran darah semakin lancar dan pelepasan panas akan semakin cepat. Usapkan handuk kecil yg telah di celupkan ke wadah yg berisi air hangat, keseluruh tubuh sianak mulai dari kepala hingga kaki. Kalau handuk yg ditempelkan sudah dingin, celupkan kembali ke wadah air hangat dan ulangi seperti diatas.
  8. Pakailah pakaian yg tipis, kalau anak menggigil selimuti tubuh anak.
Segera bawa ke dokter jika :
  • Demam lebih dari 38,5 derajat celcius dan tidak turun setelah diberi obat penurun panas dan dikompres.
  • Bila demam tdk berkurang setelah 2 hari
  • Bila demam disertai kaku pada leher.

Baca berita lainnya :
* Tips Pemberian Obat Pada Anak
* Jadwal Vaksinasi pada Anak
* Pedoman Pengobatan Malaria
* Fakta yg Keliru ttg Malaria
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl