Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Selasa, 01 Juni 2010

SUKSES MEMBERIKAN PENYULUHAN


Memberikan penyuluhan, merupakan kegiatan yg rutin dilakukan bagi bidan di desa setiap bulannya. Keberhasilan suatu program kesehatan, salah satu yg harus diperhatikan adalah apakah pesan-pesan kesehatan yg disampaikan petugas kesehatan dapat diterima oleh masyarakat. Metode di bawah ini bisa dipakai sebagai untuk membantu para petugas kesehatan dalam memberikan penyuluhan:

  1. Kuasai materi yg akan disampaikan. Hal ini bisa dilakukan dgn membuka kembali buku/catatan yg berkaitan dgn materi yg akan diberikan. Beberapa hari sebelum presentasi, baca kembali bahan bahan-bahan yg akan di sampaikan. Penguasaan materi merupakan suatu yg wajib.
  2. Buat catatan kecil yg berisi poin-poin yg akan disampaikan, poin-poin tersebut menjadi acuan agar jangan ada hal-hal yg yg terlupakan untuk disampaikan.
  3. Percaya diri. Latih kepercayaan diri dalam berbicara di depan forum. Penguasaan materi akan jadi sia-sia tanpa rasa PD, bahkan materi yg dikuasai bisa hilang tiba-tiba kalau kita grogi.
  4. Jaga penampilan, pakaian yg kita pakai akan membantu rasa percaya diri kita. Tetapi tetap menyesuaikan dimana, kapan, dan siapa yg menjadi objek penyuluhan kita. Secara umum,gunakan pakaian yg rapi ,sopan dan jangan berlebihan.
  5. Jalin pendekatan dgn peserta. Memperkenalkan diri kita (alamat, keluarga dll) . Mempersilahkan para peserta memperkenalkan diri merupakan upaya untuk menjalin hubungan yg baik.
  6. Kontak mata. Selama menyampaikan materi, usahakan agar pandangan kita mengarah ke audiens. Lakukan kontak mata, sesekali lakukan kontakl mata dgn cara menatap seluruh audiens secara sepintas. Kontak mata yg dilakukan akan menimbulkan kesan bagi audiens kalau kita cukup percaya diri.
  7. Hidupkan suasana. Kendalikan suasana pertemuan, hilangkan rasa jenuh/ngantuk dari peserta dgn mengehentikan materi pertemuan dan coba selingi dgn materi diluar konteks agar suasana segar kembali.

Baca berita lainnya :
* Darah kotor VS darah bersih
* Filariasis
* ANGIN duduk Jangan DIKEROK !!!!!
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl