Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Rabu, 30 Juni 2010

UPSSSS,,,,,,,,,,,KUSTA ?


Jujur......masih banyak di antara kita yg masih takut bersalaman/bersentuhan dgn penderita kusta ! Takut nular, jijik.. !!! Lho..? Gimana tuh..Ntar mau ngasih penyuluhan (bagi petugas) tentang kusta gimana dong? Kita sekarang membahas ttg kusta yuk...

Tema peringatan Hari Kusta ke-57 pada tahun 2010 adalah : "Bersama Orang yg Pernah Mengalami Kusta Kita Wujudkan Kemandirian Dan Keadilan"
Tema ini dimaksudkan untukmeningkatkan kesadaran dan keperdulian masyarakat serta stakeholders dlm memberantas kusta serta memberikan dukungan kepada orang yg pernah mengalami kusta agar mandiri dan mendapatkan keadilan yg pada akhirnya untuk mencapai Indonesia bebas kusta.

Secara nasional , Indonesia sudah mencapai eliminasi kusta tahun 2000. Tapi sampai saat ini Indonesia masih menduduki peringkat ke -3 di dunia sebagai penyumbang penderita baru kusta terbanyak. Na lho......(kalau masalah yg jelek-jelek koq Indonesia juara ya.....?)

Kusta berasal dari bahasa sansekerta. Kusta sudah ada sejak tahun 600 SM. Namun kuman penyebab kusta,yakni Myobacterium leprae baru ditemukan pertama kali pada tahun 1873, oleh seorang sarjana dari norwegia:GH Armeur hansen. Makanya penyakit kusta disebut juga Morbus hansen, sesuai dgn nama dari penemunya.


Baca berita lainnya :
* Sukses memberi penyuluhan
* Diagnosa TBC
* Angin duduk jangan dikerok !!
* Filariasis
* HIV dan AIDS
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl