Alamat :

Jl.Perwira, Gunung Tua.Kab. Padang Lawas Utara.Sumut

Selasa, 01 Juni 2010

PATOGENESIS MALARIA


Malaria adalah penyakit infeksi yg disebabkan oleh parasit Plasmodium yg hidup dan berkembang biak dalam sel darah manusia. Penyakit ini secara alami ditularkan melalui gigitan nyamuk anophles betina. Spesies Plasmodium pada manusia adalah :
  1. Plasmodium Falciparum
  2. Plasmodium Vivax
  3. Plasmodium Ovale
  4. Plasmodium Malariae
A. Siklus Hidup Plasmodium.
Parasit malaria memerlukan dua hospes untuk siklus hidupnya, yaitu manusia dan nyamuk anophles betina.

  1. Siklus pada manusia. Pada waktu nyamuk anophles infektif menghisap darah manusia, sporozit yg berada dikelenjar liur nyamuk akan masuk kedalam peredaran darah selama lebih kurang 1/2 jam. Setelah itu sporozit akan masuk kedalam sel hati dan menjadi tropozit hati. Kemudian berkembang menjadi skizon hati yg terdiri dari 10.000-30.000 merozit hati (tergantung spesiesnya). Siklus ini disebut siklus ekso-eritroser yg berlangsung selama lebih dari 2 minggu. Pada P.vivax dan P.ovale, sebahagian tropozit hati tdk langsung berkembang menjadi skizon, tetapi ada yg menjadi bentuk dorman yg disebut hipnozoit. Hipnozoit tersebut dapat tinggal di dalam sel hati selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Pada suatu saat bila imunitas tubuh menurun, akan menjadi aktif sehingga dapat menimbulkan relaps (kambuh). Merozoit yg berasal dari skizon hati yg pecah akan masuk ke peredaran darah dan menginfeksi sel darah merah. Didalam sel darah merah ,parasit tersebut berkembang dari stadium tropozit sampai skizon. Proses perkembangan aseksual ini disebut skizoni. Selanjutnya eritosit yg terinfeksi (skizon) pecah dan merozoit yg keluar akan menginfeksi sel darah merah lainnya. Siklus ini disebut siklus eritroser. Setelah 2-3 siklus skizogoni darah,sebahagian merozoit yg menginfeksi sel darah merah dan membentuk stadium seksual (gametosit jantan dan betina).
  2. Siklus pada nyamuk anophles betina. Apabila nyamuk anophles betina menghisap darah yang mengandung gametosit, didalam tubuh nyamuk, gamet jantan dan betina melakukan pembuahan menjadi zigot. Zigot berkembang menjadi ookinet kemudian menembus dinding lambung nyamuk. Pada dinding luar lambung nyamuk ookinet akan menjadi ookista dan selanjutnya menjadi sporozit. Sporozit ini bersifat infektif dan siap ditularkan ke manusia.

  • Masa inkubasi : adalah rentang waktu sejak sporozoit masuk sampai timbulnya gejala klinis yg ditandai dengan demam. Masa inkubasi bervariasi tergantung spesies plasmodium. ( P.falciparum : 9-14 hari, P.vivax : 12-17 hari, P.ovale : 16-18 hari, P.malariae: 18-40)
  • Masa prepaten adalah rentang waktu sejak sporozoit masuk sampai parasit dapat di deteksi dalam darah dengan pemeriksaan mikroskopik.

Baca berita terkait:
1. Pedoman pengobatan malaria
2.Fakta yg keliru ttg malaria
3.Program malaria di kab. Padang Lawas Utara

Baca berita lainnya :
1.Tips pemberian obat pada anak
2.RABIES: Diagnosis dan Penatalaksanaan
3.PD3I
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl